Sejarah Permainan Mahjong

Sejarah Permainan Mahjong

Siapa yang tidak tahu permainan ini? Apakah kalian juga tahu sejarah permainan Mahjong? Mahjong adalah sebuah permainan untuk 4 orang yang berasal dari Tiongkok. Ini adalah permainan yang membutuhkan kecakapan, strategi, kecerdasan, kalkulasi, dan peruntungan. Tergantung pada variasi permainannya, faktor keberuntungan bisa kecil atau dominan. Konon permainan ini sudah dimulai sejak 2500 tahun lalu di China.

Sejarah Permainan Mahjong

Tidak heran jika para pemula harus belajar sedikit tentang aksara Tionghoa untuk memainkannya. Adapula rumor bahwa Kong Hu Chu, sang filsuf Tiongkok yang menemukan permainan ini. Di sebutkan bahwa permainan ini mulai dikenal seiring perjalanan Kong Hu Chu ke seluruh negeri China. Namun, tidak ada bukti sejarah pendukung.

Sejarah Mahjong

Lain lagi sebuah kisah situs judi bola. Di sebutkan bahwa mahjong adalah pengembangan dari permainan kartu domino China, bernama Madiao (Kuda Gantung). Di sebabkan karena simbol pada Madiao hampir mirip dengan mahjong. Juga ada cerita bahwa permainan diciptakan oleh para tentara pada masa pemberontakan Taiping (1850-1864). Diciptakan oleh para serdadu untuk melewatkan waktu. Dan tidak ada catatan sejarah.

Catatan sejarah mengenai permainan ini justru datang dari dunia barat. Ia adalah Roundhouse Community Arts & Receration Centre yang mengatakan jika permainan ini baru dimulai pada tahun 1880an. Asalnya dari Provinsi Kiangsu, yang letaknya dekat Shanghai. Pada tahun 1905, permainan ini menjadi viral dan menyebar ke seantero China. Menjadi permainan yang di gemari dan mengalahkan ketenaran Catur China (Xianggi). Para perantau China kemudian membawa serta permainan ini kemana pun mereka pergi. Alhasil permainan yang menarik ini cepat menyebar ke seantero dunia.

Berkat keunikannya, dalam sekejap Mahjong menjadi populer dan di gemari oleh banyak orang. Tak lama, Mahjong pun menyebar ke negara-negara lain. Hal ini berkat kontribusi ekspatriat yang tinggal di Tiongkok dan menyukai permainan itu. Mahjong di mainkan di kafe-kafe oleh para ekspatriat lalu di perkenalkan ke negara mereka. Bahkan popularitas dari permainan Mahjong mengalahkan popularitas dari permainan catur.

Pada tahun 1920, Joseph Park Babcock menerbitkan buku tentang aturan permainan Mahjong. Buku ini di sebut sebagai red bookdan berperan dalam memperkenalkan aturan Mahjong. Ini karena Joseph Babcok telah mempelajari Mahjong semenjak ia tinggal di Tiongkok. Dalam bukunya, ia menyederhanakan aturan permainan supaya pembacanya (yang berasal dari Amerika) dapat lebih memahami aturan dari permainan ini.

Begitulah sejarah singkat dari permainan Mahjong. Walaupun sejarahnya tidak tercatat tetapi permainan ini tetap populer hingga saat ini.